Tubuh ku

Cara Cepat Menghilangkan Kapalan Di Kaki Dan Tangan

Cara Cepat Menghilangkan KapalanCara cepat menghilangkan kapalan sebenarnya mudah, Anda tidak harus menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Ada beberapa obat alami yang dapat menghilangkan kapalan dengan baik, namun bahan-bahan ini belum begitu dikenal sehingga obat-obatan kimia menjadi satu-satunya pilihan untuk menghilangkan kapalan selama ini. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara menghilangkan kapalan secara alami, simak ulasan di bawah ini.

sponsor: dr rochelle skin expert.

Mungkin Anda merasa tidak nyaman dengan kulit yang mengapal, apalagi hal tersebut terdapat pada tangan atau kaki. Biasanya ada seseorang yang mencoba mengirisnya. Walaupun tidak terasa sakit jangan pernah melakukan hal ini, karena dapat menyebabkan infeksi dan menimbulkan dampak yang semakin parah.

Penyebab utama kapalan yang terjadi pada kaki dan tangan sebenarnya adalah karena sel kulit yang mati. Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai faktor diantaranya adalah gesekan atau tekanan benda keras yang terjadi secara terus-menus. Misalnya, ketika Anda mengendarai motor dan telapak tangan Anda menggenggam stang motor, maka akan terjadi tekanan yang dapat membuat sel kulit mati. Akibatnya kulit semakin menebal dan mengapal. Untuk mengatasinya Anda dapat melakukan beberapa cara menghilangkan kapalan seperti di bawah ini:

  1. Sabun krim dan kapur sirih

Campuran dari kedua bahan ini dapat menghilagkan kapalan di tangan dan kaki. Kapur sirih atau biasa disebut dengan gamping, akan membuat tangan dan kaki Anda menjadi lebih halus. Selain itu, campuran kedua bahan ini juga dapat menghilangkan mata ikan hingga ke akarnya.

Caranya, campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan yang sama. Oleskan pada bagian kulit yang mengapal, biarkan selama kurang lebih 2 jam hingga kulit yang mengapal melunak. Jika kulit yang mengapal tersebut telah melunak, sikat dengan perlahan dan lembut.

  1. Kulit nanas

Cara menghilangkan kapalan di kaki dapat menggunakan kulit nanas. Nanas mengandung enzim yang mampu melembutkan kulit kapalan dan mengangkat sel-sel kulit mati. Rendam kaki Anda pada air hangat selama 20 menit, lalu lap dengan bersih hingga kering.

Setelah itu tempelkan kulit nanas yang telah dibuang bagian dalamnya agar dapat menempel pada kulit dengan baik. Gunakan bantuan plester agar kulit nanas tidak terlepas. Biarkan kulit nanas tersebut menempel pada bagian kulit yang mengapal selama satu malam. Pada pagi harinya buka secara perlahan dan rendam kaki Anda kembali. Lakukan hal ini secara rutin selama 4 hari, kemudian gosok bagian kulit yang mengapal menggunakan batu apung atau sikat yang lembut.

  1. Getah kamboja

Bunga kamboja adalah bunga yang dikenal oleh semua orang. Bunga ini sering terdapat di area pemakaman dengan warna putih dan kuning pada bagian tengahnya. Ternyata, bunga kamboja juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan kapalan di telapak tangan dan kaki.

Caranya adalah, sediakan beberapa bunga kamboja lalu ambil getahnya. Teteskan atau oleskan getah bunga kamboja tersebut pada telapak tangan atau kaki yang mengapal. Jika Anda melakukan hal ini secara rutin, maka kulit akan semakin halus dan kapal perlahan-lahan akan menghilang.

  1. Scrubbing

Scrubbing secara teratur juga dapat membuat kulit Anda lebih lembut dan tidak mengeras lagi. Anda dapat melakukan scrubbing menggunakan bahan-bahan alami. Buah pepaya yang dicampur dengan garam sangat baik untuk scrubbing yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati. Lakukan scrub ini secara teratur agar mendapatkan hasil terbaik.

  1. Air garam

Selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, air garam juga dapat mengobati penyakit kulit termasuk kapalan. Bahan ini juga dapat dengan mudah Anda dapatkan, setiap dapur sudah pasti ada garam bukan?

Cara menghilangkan kapalan pada tangan dan kaki dengan air garam sangat mudah. Anda hanya perlu merendam kaki atau tangan yang mengapal menggunakan air garam selama beberapa menit. Lalu gosok bagian kulit yang mengapal menggunakan batu apung, atau dengan sikat yang lembut. Lakukan hal ini setiap hari, hingga kulit yang mengapal perlahan-lahan menipis dan menghilang.

  1. Baby oil atau minyak zaitun

Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk kulit dan mampu mengatasi berbagai masalah termasuk telapak tangan dan kaki yang mengapal. Untuk mengatasi kapalan dengan minyak zaitun sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada bagian kulit yang mengapal sebelum tidur. Diamkan selama 1 malam kemudian bersihkan dengan air hangat pada pagi harinya. Anda juga dapat mengganti minyak zaitun dengan baby oil. Lakukan dengan cara yang sama secara rutin.

  1. Ampas kopi

Kandungan kafein yang terdapat pada kopi sangat baik untuk membersihkan dan mengangkat sel kulit mati. Anda dapat melakukan scrubbing menggunakan ampas kopi untuk menghilangkan kapalan yang ada pada telapak tangan maupun kaki. Jangan lupa untuk memijatnya secara perlahan agar sel kulit mati dapat terangakat dengan baik. Hasilnya, bagian kulit yang mengapal akan hilang dan semakin lembut.

Demikian adalah beberapa cara menghilangkan kapalan dengan bahan-bahan alami yang dapat Anda temukan dengan mudah. Selain cara penggunaanya yang sederhana, cara tersebut tidak menimbulkan dampak buruk bagi kulit. Selamat mencoba.

13
56%
like
4
17%
love
4
17%
haha
0
0%
wow
2
8%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top
$(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });